Saturday, January 19, 2013

Tradisi Pacu Jalur Di Kuansing

Perhelatan Event Nasional Pacu Jalur 2011 yang berlangsung di Tepian Narosa, Kuantan Singingi, secara resmi dibuka oleh Gubernur Riau, HM Rusli Zainal, Sabtu siang (23/7/2011). Kegiatan ini akan berlangsung hingga 26 Juli 2011 nanti.
Pada tahun ini, Pacu Jalur diikuti 138 peserta dari berbagai daerah, meski dilaksanakan lebih awal dari biasanya, karena bersamaan dengan datangnya Ramadan, namun animo masyarakat untuk menyaksikan kegiatan ini masih sangat tinggi.  
Rusli dalam sambutannya mengharapkan, Event Nasional Pacu Jalur ini akan memberikan dampak yang berarti bagi dunia pariwisata di Kuantan Singingi. Baik dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan ke Kuantan Singingi maupun dalam upaya percepatan pembangunan ekonomi daerah.
“Kita sangat mengharapkan kegiatan seperti ini akan mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi daerah, selain itu ini adalah upaya untuk mempererat hubungan sesama masyarakat Kuantan Singingi,” ujar Rusli.
Ia juga sangat mengharapkan tradisi Pacu Jalur yang sudah sangat mengakar di Kuantan Singingi tersebut agar bisa dipertahankan sekaligus dilestarikan sebagai warisan budaya bangsa yang sangat berharga.
Gubri juga mengapresiasi kegiatan Pacu Jalur tersebut karena saat ini sudah masuk dalam kegiatan ataupun kalender pariwisata nasional. Dengan demikian, menurutnya event ini harus betul-betul dilaksanakan dengan sebaik mungkin, sehingga pelaksanaannya akan semakin bernilai lebih.
Secara umum Rusli juga menyambut baik perhelatan Pacu Jalur tersebut, sehingga Riau ke depannya akan menjadi salah satu tujuan wisata utama di tanah air. Disamping itu ditunjuknya Riau sebagai tuan rumah berbagai event nasional dan internasioal, semakin membuktikan kapasitas Riau sebagai daerah yang mampu menyelenggarakan event besar.
Kuantan Singingi sebagai salah satu tempat ataupun lokasi venue beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 mendatang di Riau diharapkan Rusli juga bisa menjadi tuan rumah yang baik.
“Sehingga ini akan menunjukkan kepada kita bagaimanapun Riau mampu menggelar event dalam skala besar,” ujarnya.
Sementara itu Bupati Kuantan Singingi, Sukarmis mengharapkan event Pacu Jalur ini akan lebih mampu mempersatukan masyarakat Kuantan Singingi di masa yang akan datang, sehingga event ini tidak hanya bernilai budaya dan tradisi semata, namun juga mampu memberikan berkah bagi masyarakat di Kuantan Singingi.
“Kita akan terus berupaya melestarikan tradisi pacu jalur ini, dengan harapan ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya, sehingga tidak saja menjadi hiburan bagi masyarakan, namun event ini juga mampu menyatukan kita semua.
Sebagai catatan banyak rangkaian acara yang dilaksanakan pada event nasional Pacu Jalur 2011 ini, selain pacu jalurnya sebagai helat utama, acara lain yang dilaksanakan seperti pawai budaya, festival kesenian daerah, kompetisi band, pertandingan sepakbola segitiga antara PSPS Pekanbaru, Semen Padang dan Persih dan event-event lainnya. (*)

No comments:

Post a Comment